Hoax Anonymous Retas Whatsapp Percakapan Jokowi Ahok

Recomended


inspirasisolusi.com - Hoax disini hoax disana, menjelang masa pencoblosan semakin kencang fitnah yang ditujukan untuk semua paslon peserta Pilkada, terutama Pilkada DKI Jakarta, yang rasa-rasanya sudah menyamai Pilpres.

Disini saya mau meluruskan suatu hoax yang sedang berkembang diluar sana. Hoax tentang percakapan di aplikasi Whatsapp yang kabarnya disebarkan oleh Anonymous. Hoax ini diduga kuat pertama kali disebar melalui akun Facebook bernama Amalia Vanny (Fanny). Akun ini diduga kuat merupakan akun abal-abal, karena baru dibuka Desember 2016, seperti biasa memakai foto gadis cantik, sudah punya teman 3222 orang dan di follow 186 orang. Prestasi luar biasa, selain itu isi akun tersebut penuh dengan tautan yang berbunyi kebencian terhadap Jokowi dan Ahok. Berikut foto screenshot akun Amalia Vanny beserta statusnya yang berbunyi:

Beredar viral, Anonymous telah meretaspercakapan whatsapp Jokowi dengan Ahok perihal keterlibatan BIN dan Kepolisian dalam penyadapan SBY dan upaya kriminalisasi ulama. Sebarkan…
Beserta foto screenshot percakapan abal-abal tersebut:

Berikut kutipan percakapan Whatsapp tersebut:
Pak ahok, kenapa bpk. sembrono sekali d persidangan sampai bawa2 data percakapan segala? kan urusannya jadi runyam. bisa2 nanti ketahuan bahwa BIN dan Kepolisian ikut bermain menyadap SBY dan tokoh2 lain untuk kepentingan kita.

maafkan saya pak jokowi, habisnya saya udah bingung harus berkelit apa lg di persidangan (emoji menangis)

gara2 pak ahok, skenario kita bisa gagal. DPR akan panggil BIN dan pak tito. TNI dan Cikeas juga tak akan tinggal diam. Mampus deh kita. Skenario kriminalisasi ulama juga bakal terhambat nih gara2 bpk (emoji marah)

Sebelumnya saya ada menulis artikel tentang Anonymous, jadi saya ada sedikit ‘ilmu’ tentang Anonymous ini Untuk lebih engkapnya, silahkan baca artike saya disini, klik judulnya: Anonymous yang Bocorkan Rizieq Shihab dan Firza Huzein, Siapakah Mereka

Lalu kenapa saya bisa sampai menyimpulkan kalau itu semua adalah hoax? Dari sumber yang hanya satu halaman percakapan, ada beberapa kejanggalan yang saya lihat :

Tidak ada ‘tanda tangan’ Anonymous

Dari penelusuran saya, walaupun memakai nama ‘Anonymous‘ yang berarti tidak mencantumkan nama asli mereka sendiri. Tapi selalu ada lambang Anonymous di setiap aksi mereka. Berikut contohnya, rekaman suara Firza Huzein, perhatikan ada transkrip dan lambang logo Anonymous di sana.

Berikut halaman depan video chat xxx antara Rizieq Shihab dan Firza Huzein, juga ada signature sang Anonymous

Sedangkan di screenshot Whatsapp abal-abal di atas tidak ada.

Ketikan percakapan yang serupa antara ‘Jokowi’ dan ‘Ahok’

Seakan-akan ‘Jokowi’ dan ‘Ahok itu sebenarnya adalah orang yang sama. Perhatikan masing-masing ketika memanggil nama, selalu dengan huruf kecil. Hal ini tidak biasa, apalagi antara Presiden dan Gubernur Jakarta, nama orang wajib diawali oleh huruf besar! Sedangkan keduanya di atas saling memanggil dengan ‘pak ahok’ dan ‘pak jokowi’, hmmm…

‘Jokowi’ memakai kata ‘mampus deh’ rasanya tidak mungkin seorang keturunan Jawa memakai kata itu, hehehe…

Demikianlah analisa singkat saya sebagai seorang ahli Anonymous dadakan, ciee…Sepertinya kaum sumbu pendek tidak akan pernah berhenti menyebarkan berita hoax yang melibatkan Jokowi dan Ahok. Ada saja usaha yang mereka lakukan untuk menjatuhkan kredibilitas Jokowi dan Ahok terutama di mata teman-teman Muslim, menjelang masa pencoblosan Pilkada serentak pula. Percakapan palsu ini direkayasa sedemikian rupa supaya terkesan memang ada upaya untuk mengkriminalisasi ulama seperti yang dihembuskan oleh beberapa oknum yang memang tidak menginginkan negara ini damai. Segala cara dilakukan untuk mengadu domba supaya terjadi perang antara umat Muslim dan non Muslim. Selain itu, percakapan juga direkayasa supaya terkesan memang ada penyadapan yang dilakukan terhadap mantan Presiden ke 6, SBY. Jadi Jokowi dibuat seakan-akan meminta BIN dan Kepolisian untuk melakukan penyadapan tersebut. Luar biasa dalam fitnah yang dihembuskan.

Semoga saja lebih banyak rakyat Indonesia yang pintar dan dapat membedakan mana berita hoax dan mana berita yang sebenarnya terjadi, supaya tidak mudah terprovokasi. (seword)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hoax Anonymous Retas Whatsapp Percakapan Jokowi Ahok"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?