Polling Facebook unggulkan Ahok-Djarot

Recomended


inspirasisolusi.com - Institute for Tansformation Studies (Intrans) merilis hasil Facebook Lead terbaru merujuk hasil Facebook survei yang dilakukan 15 menit sebelum dan sesudah satu jam sesi debat cagub DKI Jakarta, Jumat lalu, yang menempatkan pasangan inkumben Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menang mutlak 75,8 persen

Direktur Intrans, Andi Saiful Haq, mengatakan selama tiga jam dibuka, polling tersebut diikuti 7.338 responden. Hasilnya menempatkan Ahok-Djarot sebagai pasangan yang dianggap paling meyakinkan dalam debat perdana ini memperoleh 75,8 persen, kedua Anies-Sandi dengan 17 persen dan Agus-Sylvi memperoleh 7,2 persen.

Jumat lalu, tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI mengikuti debat cagub perdana yang digelar KPU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Ketiga pasangan calon beradu argumen dalam arena debat yang tema "Pembangunan sosial ekonomi untuk Jakarta. Debat berikutnya akan dihelat pada 27 Januari mendatang, dan debat terakhir akan dilakukan pada 10 Februari, sebelum pemungutan suara Pilgub DKI Jakarta.

Menurut Andi, Intrans menggunakan Facebook survei karena berdasarkan pengalaman polling menggunakan Facebook sampai saat ini masih lebih presisi dibanding platform media sosial lain.

"Ini karena Facebook menyediakan fasilitas survei, kemudian bisa dilokalisir hanya akun-akun di Jakarta yang akan disasar oleh Facebook, kemudian verifikasi dengan data yang masuk memungkinkan peneliti untuk mengecek apakah data responden valid atau tidak," katanya seperti dilansir Antara.

Intrans juga menggunakan Facebook Lead Form untuk melakukan survei yang lebih mendalam. Hasil Lead Facebook menunjukkan Ahok-Djarot dipilih oleh 86,8 persen responden. Menyusul Anies-Sandi 9,48 persen dan Agus-Sylvi 3,65 persen.

"Jika Facebook survei digunakan untuk periode singkat untuk mengukur debat, Facebook Lead kita gunakan untuk mengukur agar responden lebih valid dalam hal data penelitian, Facebook lead mengirim persetujuan antara responden dengan pihak Intrans sehingga bisa didapatkan data domisili, usia dan terdaftar tidaknya seseorang sebagai pemilih di DKI Jakarta," ujar Andi yang menjelaskan perbedaan Lead Form dan Facebook survei.

Andi menambahkan, "Dari data Lead Periode Desember 2016 dibandingkan dengan periode II pada tanggal 5-12 Januari 2017, Intrans yakin Ahok-Djarot akan memenangkan Pilkada DKI dalam satu putaran. Suara Ahok stabil, dari 86,6 persen di Lead Desember 2016, naik 0,02 persen menjadi 86,8 persen di lead Januari 2017".

Intrans juga membandingkan polling berbasis online seperti yang diadakan Kaskus, Ombak dan Jakpat, yang dinilai secara konsisten Ahok-Djarot memenangkan polling dengan perolehan sekitar 70-85 persen, karenanya diprediksi Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung satu putaran.

Pilkada DKI Jakarta 2017 akan diikuti tiga pasangan cagub, yaitu nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni; nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat; nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (rimanews)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Polling Facebook unggulkan Ahok-Djarot"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?