Reaksi PDIP Soal Suara Jokowi yang Meninggi Saat Dengar Ucapan Ahok

Recomended


Jakarta - Suara Presiden Jokowi disebut Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan sempat meninggi mendengar ucapan Ahok kepada Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dalam persidangan. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno menilai gaya bicara Ahok yang spontan seringkali menimbulkan kesalahpahaman.

"Ahok memiliki gaya bicara yang bebas lepas penuh spontanitas. Gaya begini sering menimbulkan salah paham. Bukan hanya Pak Jokowi, kami yang di partai pun sering dibuat mangkel dan jengkel," ujar Hendrawan saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/2/2017).
Terkait gaya bicara Ahok tersebut, Hendrawan mengatakan pihak partai sering menyampaikan untuk diperbaiki dengan lebih memerhatikan etika.

"Berkali-kali kami menyampaikan agar manajemen bicaranya diperbaiki, memperhatihan etika dan kultur ketimuran yang menghormati orang lain. Ada unggah ungguh dan kesantunan. Juga lebih sering memuji orang, rendah hati, sabar. Semua ini tak mengeluarkan biaya. Berbeda dengan gaya ceplas ceplos yang bisa menimbulkan salah paham, dan menimbulkan biaya sosial," jelasnya.

Namun atas apa yang telah terjadi, Hendrawan mengatakan hal itu dapat menjadi pelajaran. Bukan hanya untuk Ahok namun bagi semua politikus.

"Yang sudah terjadi tak perlu ditangisi. Ini menjadi pelajaran agar kesabaran, ketenangan dan pengendalian diri, tetap harus dipupuk oleh para politisi," kata Hendrawan.

Diberitakan sebelumnya, terkait suara Jokowi yang meninggi saat disinggung soal perkataan Ahok, Luhut tidak merincinya lebih lanjut.

"Beliau netral dalam kasus ini. Malah suara beliau agak tinggi kemarin karena ada anu, apa, Saudara Ahok bicara seperti itu. Dan yang kami mau dan Presiden juga itu arahnya, demokrasi kita ini mesti kita jaga supaya kalian yang lebih muda juga belajar berdemokrasi, bagaimana demokrasi itu berjalan lebih baik," kata Luhut saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/2).

Ahok sendiri telah meminta maaf soal ucapannya kepada KH Ma'ruf Amin dalam persidangan. Permintaan maafnya disambut oleh KH Ma'ruf Amin meski keduanya belum bertemu secara langsung.
(nkn/brt)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reaksi PDIP Soal Suara Jokowi yang Meninggi Saat Dengar Ucapan Ahok"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?