Soal Telepon SBY-Ma’ruf Amin, Roy Suryo Tuding Ahok Bermanuver

Recomended


Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo ikut berkomentar tentang sidang kasus dugaan penodaan agama yang dijalani oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurutnya Ahok dan tim pengacaranya banyak melakukan manuver untuk menutupi tuduhan kasus yang sedang disidangkan itu.

“Upaya spin (manuver) sudah berkali-kali dilakukan tim kuasa hukum Ahok. Pertama adalah adanya seorang yang disebut dari lawyer Demokrat. Padahal dia salah satu penasihat hukum salah satu kader Demokrat, tapi sudah sekian tahun lalu,” kata Roy di acara diskusi di Warung Daun, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/2/2017).
“Kedua, kalau ingat sidang-sidang awal Novel (Bamukmin) keluarnya diramaikan ‘fitsa hats’. Kalau itu biasa, lucu-lucuan. Lalu sidang kemarin dilakukan spin mengkaitkan dengan Demokrat dan SBY. Bukan hanya pembicaraan dengan Ma’ruf Amin tapi juga statusnya,” sambung Roy.

Roy mempertanyakan status Ketua Umum MUI itu dengan jabatannya menjadi Dewan Pertimbangan Presiden ketika Susilo Bambang Yudhoyono menjabat. Pasalnya, Ma’ruf dalam persidangan tersebut berposisi sebagai saksi ahli.

“Apa hubungan wantimpres yang dikaitkan dalam kasus ini? Kalau kita lihat, apakah yang dimaksud itu saksi pelapor atau saksi ahli? Nyatanya posisi Ma’ruf Amin bukan saksi pelapor,” ujar Roy.

Roy sempat memutar rekaman suara Ahok. Dia mempertegas ucapan Ahok yang dikatakan hendak memproses hukum saksi karena diduga memberi keterangan palsu. Roy mengaku sudah menganalisis suara tersebut dan menyatakan itu merupakan suara asli Ahok.

Roy sendiri menganggap bukti percakapan yang coba dikonfrontir kepada Ma’ruf Amin terkesan dipaksakan. Fakta persidangan tersebut menurutnya harus dapat dikonfirmasi lagi oleh pihak Ahok.

“Bukti yang coba dipaksakan, itu kalimat utuh disampaikan Humphrey ada percakapan permintaan restu Agus, kedua permintaan fatwa MUI kasus penodaan agama Ahok. Disebutkan juga detail menit, fakta persidangan. Artinya yang sekarang dipersoalkan adalah fakta persidangan. Detail waktu 10.26 itu harus dijelaskan,” katanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Telepon SBY-Ma’ruf Amin, Roy Suryo Tuding Ahok Bermanuver"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?