Nelayan Kurau Bawa Ikan Duyung ke Darat

Recomended


Nelayan Kurau kembali menemukan ikan duyung yang tidak sengaja terjaring saat melaut, Minggu (16/4/2017).

Sebelumnya beberapa bulan lalu nelayan penyak juga pernah mendapatkan ikan serupa.

Hingga saat ini, Senin (17/4/2017) hewan langka tersebut masih dalam keadaan hidup dan disimpan dihalaman salah satu rumah warga setempat.

Ikan dengan panjang sekitar satu setengah meter tersebut ditempatkan di kolam yang dibuat dari pelastik besar yang diisi air laut dan diatapi terpal.

Keberadaan ikan tersebut juga menjadi tontonan warga setempat dan beberapa warga yang kebetulan melintas di desa Kurau Timur.

Nelayan setempat yang ikut menemukan ikan duyung, Nahiri mengatakan pihaknya akan melepaskan ikan langka tersebut setelah mendapatkan ganti ruginya.

"Saat ini kita tahan dulu sambil nunggu dari pemkab (Bateng) dan provinsi (Babel). Proses mengangkutnya kedaratnya kan keluar biaya juga, istilahnya uang transport lah," ungkapnya.

Pihaknya juga sudah mengetahui bahwa hewan dengan nama lain Dugong tersebut merupakan hewan langka dan dilindungi.

"Kami juga sudah mendapatkan sosialisasi kalau ikan ini dilindungi jadi kami selalu usahakan kalau agar duyung ini tetap hidup," terang Nahiri.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil Bateng, Mardi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi untuk mengganti rugi nelayan yang menemukan duyung tersebut.

"Saat ini kita masih berusaha keras agar ikan ini tetap hidup, yang pasti akan kita lepas kembali ke habitatnya agar bisa berkembang biak seperti yang kita harapkan," ungkapnya.

Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan perikanan (PSDKP) Regional Pulau Bangka, Kori Apriyanto mengatakan ikan duyung memang dilindungi sesuai dengan UU No 77 tahun 1999.

"Ikan duyung ini termasuk atentik satu yang artinya hewan yang diperdagangkan dengan sanvat terbatas, itu juga harus memenjbi syarat-syarat sesuai aturan resmi seperti untuk penelitian," terangnya.

Menurutnya nelayan seharusnya langsung melepaskan ikan duyung kehabitatnya jika terjaring karena jika dibawa ke darat akan menyebabkan kematian pada ikan tersebut.

"Kemungkinan ikan duyung ini tinggal beberapa ekor lagi. Harusnya segera dilepas jika terkena jala saat nelayan ngelaut atau kondisinya terdampar dan masih hidup bisa juga dilepas atau berkoordinasi dengan dinas terkait agar mereka dapat berkembang biak kembali dihabitatnya. Namun masyarakat kita ini walaupun tahu dilindungi tetap masih berpikir tradisional yang beranggapan mempunyai nilai komersil," ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nelayan Kurau Bawa Ikan Duyung ke Darat"

Posting Komentar

Apa Komentar Anda?